Rabu, 21 Oktober 2020

VLOG Pemanfaatan Lab Maya dan Sumber Belajar Rumah Belajar dalam Implementasi PJJ Berbasis STEM di Daerah 3T

Batas waktu Kegiatan PembaTIK Level 4 telah tiba, berikut adalah Tugas VLOG PembaTIK Level 4 Sari Yuliantini : 

https://www.youtube.com/watch?v=MYkkuUN9Q2U

Alhamdulillah walaupun siswa banyak yang belum memiliki HP, tetapi sekolah kami baru-baru ini mendapat bantuan tablet dari Kemdikbud, yang dapat kami manfaatkan dalam pembelajaran dan tentunya untuk mengakses portal Rumah Belajar. Inovasi pembelajaran yang diangkat kali ini adalah Pemanfaatan Lab Maya dan Sumber Belajar Rumah Belajar dalam Implementasi PJJ Berbasis STEM di Daerah 3T. Materi yang di pelajari kali ini adalah materi ekosistem. Model STEM yang diterapkan adalah STEM-PjBL oleh Laboy Rush. Sedangkan jenis PJJ yang diterapkan kali ini merupakan PJJ tipe blended (terpadu), berikut adalah gambaran tahapannya.

1.   Refflection (Sesi Sinkron)

Pada tahap ini siswa menghubungkan apa yang diketahui (materi prasyarat) dan materi apa yang akan dipelajari. Pada penguatan konsep materi prasyarat, guru menggunakan salah satu fitur Rumah Belajar yaitu Laboratorium Maya. Yang mana Proses fotosintesis termasuk kedalam salah satu materi prasyarat untuk materi sains pada ekosistem dan keliling atau luas untuk materi matematika dari pembelajaran kali ini, mengingat bahwa STEM merupakan integrasi mata pelajaran Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika.

Tampilan Lab Maya Rumah Belajar untuk Materi Proses Fotosintesis

Tampilan Lab Maya Rumah Belajar untuk Materi Keliling dan Luas Segi Empat

2.      Research (Sesi Sinkron)

    Pada tahap ini guru membimbing siswa dalam mengembangkan pemahaman konsep yang relevan terhadap materi. Dalam mengumpulkan informasi-informasi relevan terkait materi, siswa menggunakan salah satu fitur Rumah Belajar yang lain, yaitu Sumber Belajar. 

Tampilan Konten Video Sumber Belajar Rumah Belajar untuk Materi Ekosistem


Tampilan Konten Web Sumber Belajar Rumah Belajar untuk Materi Ekosistem

3.      Discovery (Sesi Sinkron dan atau Sesi Asinkron)

Pada tahap ini siswa berdiskusi dalam merancang / mendesain projek yang akan dibuat berdasarkan informasi-informasi yang telah dikumpulkan pada tahap research. Projek kali ini adalah membuat miniature ekosistem. Selain itu siswa menuliskan alat dan bahan yang dibutuhkan. Tahap ini dapat dilakukan pada sesi asinkron yang mana siswa melakukannya di rumah dan mengirimkan hasil rancangan mereka melalu messenger FB.

4.      Application (Sesi Asinkron)

Pada tahap ini siswa mulai membuat projek miniature ekosistem, sesuai dengan hasil desain rancangan mereka. Selain itu pada tahap ini juga dilakukan uji coba dan merevisi ulang / mendesain ulang projek.

5.      Communication (Sesi Asinkron)

        Pada tahap ini siswa memaparkan hasil projek mereka baik lisan maupun tulisan.


“Merdeka belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia”.

#RumahBelajar #PembatikLevel4 #pembatiklevel4malut #gurupenggerak #guruberbagi #merdekabelajar #kemdikbud_ri #indonesiamaju

12 komentar: