Batas waktu Kegiatan PembaTIK Level 4 telah tiba, berikut adalah Tugas VLOG PembaTIK Level 4 Sari Yuliantini :
https://www.youtube.com/watch?v=MYkkuUN9Q2U
Alhamdulillah walaupun siswa banyak yang belum memiliki HP, tetapi sekolah kami baru-baru ini mendapat bantuan tablet dari Kemdikbud, yang dapat kami manfaatkan dalam pembelajaran dan tentunya untuk mengakses portal Rumah Belajar. Inovasi pembelajaran yang diangkat kali ini adalah Pemanfaatan Lab Maya dan Sumber Belajar Rumah Belajar dalam Implementasi PJJ Berbasis STEM di Daerah 3T. Materi yang di pelajari kali ini adalah materi ekosistem. Model STEM yang diterapkan adalah STEM-PjBL oleh Laboy Rush. Sedangkan jenis PJJ yang diterapkan kali ini merupakan PJJ tipe blended (terpadu), berikut adalah gambaran tahapannya.1. Refflection (Sesi Sinkron)
Pada
tahap ini siswa menghubungkan apa yang diketahui (materi prasyarat) dan materi
apa yang
akan dipelajari. Pada penguatan konsep materi prasyarat, guru menggunakan salah
satu fitur Rumah Belajar yaitu Laboratorium Maya. Yang mana Proses fotosintesis
termasuk kedalam salah satu materi prasyarat untuk materi sains pada ekosistem
dan keliling atau luas untuk materi matematika dari pembelajaran kali ini, mengingat bahwa
STEM merupakan integrasi mata pelajaran Sains, Teknologi, Engineering dan
Matematika.
2. Research (Sesi Sinkron)
Pada tahap ini guru membimbing siswa dalam mengembangkan pemahaman konsep yang relevan terhadap materi. Dalam mengumpulkan informasi-informasi relevan terkait materi, siswa menggunakan salah satu fitur Rumah Belajar yang lain, yaitu Sumber Belajar.
3. Discovery (Sesi Sinkron dan atau Sesi Asinkron)
Pada
tahap ini siswa berdiskusi dalam merancang / mendesain projek yang akan dibuat
berdasarkan informasi-informasi yang telah dikumpulkan pada tahap research.
Projek kali ini adalah membuat miniature ekosistem. Selain itu siswa menuliskan
alat dan bahan yang dibutuhkan. Tahap ini dapat dilakukan pada sesi asinkron
yang mana siswa melakukannya di rumah dan mengirimkan hasil rancangan mereka
melalu messenger FB.
4. Application (Sesi Asinkron)
Pada tahap ini siswa
mulai membuat projek miniature ekosistem, sesuai dengan hasil desain rancangan
mereka. Selain itu pada tahap ini juga dilakukan uji coba dan merevisi ulang /
mendesain ulang projek.
5. Communication (Sesi Asinkron)
Pada tahap ini siswa memaparkan hasil projek mereka baik lisan maupun tulisan.
“Merdeka
belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia”.
#RumahBelajar #PembatikLevel4 #pembatiklevel4malut #gurupenggerak #guruberbagi #merdekabelajar #kemdikbud_ri #indonesiamaju
Semangat Bu sari
BalasHapusSemangat💪
HapusAlhamdulillah
BalasHapuswalau pandrmi
msh bisa berksrya demi anak bangaa
InsyaAllah...
HapusLuar biasa bu👍👍
BalasHapusIbu pun luar biasa👍👍
HapusSemangat...luar biasa bu Sari
BalasHapusInsyaAllah.. semangat juga utk bapak💪
HapusLuar biasa Ibu Sari ..
BalasHapusIbu lebih luar biasa😊
HapusLanjutkan. 👍 Walau banyak kendala namun tetap berkreasi dlm mendidik anak bangsa. Aku bangga padamu
BalasHapusTerimakasih 🙏
Hapus